Observatorium Bosscha Wisata Melihat Bintang Lembang

Tempat wisata di Lembang ini sangat antik karena merupakan bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1923 oleh para peneliti dan ahli astronomi Belanda. Di dalam bangunan observasi ini terdapat teropong alat untuk bintang. Institut Teknologi Bandung menjadi pengelola dan pemilik bangunan teropong bintang ini, menjadi aset bagi fakultas Astronomi.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha Lembang merupakan salah satu sumbangan wisata di Bandung yang bersifat bangunan bersejarah, terdapat 5 teleskop atau teropong binatang yang berukuran besar ada di dalamnya, yang masih aktif digunakan untuk penelitian dan pengamatan bintang. 5 teleskop itu adalah, teleskop refraktor ganda zeiss, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain Goto dan Refraktor Unitron.  Masing-masing teleskop mempunya keistimewaan sendiri-sendiri.

Observatorium Bosscha Lembang
Observatorium Bosscha

Profil tempat wisata Observatorium Bosscha

Nama : Observatorium Bosscha Lembang
Alamat : Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Kab Bandung Barat, Jawa Barat
No Telepon : +62 22 2786001
Website : bosscha.itb.ac.id/id
Hari Buka : Selasa – Sabtu
Jam Buka : 0900 – 1500
Biaya Masuk : Rp 15.000,- per orang

Video Youtube akun : hikmatrizal

Jadwal Kunjungan Wisata Observatorium

Berikut informasi jadwal kunjungan bagi umum untuk melihat secara langsung cara kerja teleskop untuk melihat bintang dan masuk di ruang multi media untuk melihat informasi astronomi yang disediakan. Dalam setiap kesempatan kunjungan ke dalam ruangan, hanya dibatasi 200 orang saja setiap sesi, dan setiap sesi mempunyai durasi 1 jam 30 menit.

Observatorium Bosscha Lembang
Credit : www.itb-ac-id. Jam Buka Observatorium Bosscha

Teropong di dalam Observatorium Bosscha

Berikut ini keistimewaan 5 teropong yang besar yang ada di dalam Observatorium Bosscha

  • Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, teleskop ini terdiri dari 2 lensa dimana dengan teleskop ini para ahli bisa mengamati pergerakan gerak diri bintang di dalam gugusan bintang. Digunakan juga untuk mengukur jarak bintang satu dengan yang lain, kemudian untuk mengamati pergerakan komet dan planet plane misalnya Jupiter, Mars dan Saturnus.
  • Teleskop Refraktor Unitron, teropong ini biasanya digunakan untuk pengamatan bulan dan matahari, karena ukurannya agak kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Biasanya digunakan mahasiswa sebagai alat praktikum. teropong ini juga bisa digunakan untuk pengamatan ketika terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan.
  • Teleskop Refraktor Bamberg, teropong ini terletak di atas gedung. Biasanya digunakan untuk mengukur terang sebuah bintang, menghitung jarak dan skala jarak antar bintang, mengukur dan mengamati gerhana bintang, melihat kawah bulan, dan melihat matahari.

    Observatorium Bosscha Lembang
    Observatorium Bosscha
  • Teleskop Schmidt Bima Sakti, teleskop ini dikhususkan untuk mempelajari pembagian warna cahaya bintang, mengamati struktur bintang di galaksi bimasakti, mengamati pergerakan asteriod dan supernova.
  • Teleskop Cassegrain GOTO, teleskop ini merupakan teleskop yang terbaru dan terhubungan dengan media penyimpanan digital, bisa digunakan pengamatan bintang dan mempelajari struktur cahaya bintang.

Cara Berkunjung Observatorium Bosscha Lembang

Berikut ini adalah informasi peta letak tempat wisata Observatorium Bosscha menggunakan peta yang disediakan oleh google maps.

Tempat Wisata di Lembang yang lain

  • Floting Market Lembang, tempat wisata kuliner dan komplek wisata dan wahana bermain keluarga dengan ciri khas pasar terapung menyediakan makanan khas sunda
  • Taman Miniatur Kereta Api, arena bermain anak-anak berupa miniatur sarana transportasi kereta api dan angkutan darat.
  • Rumah Sosis, tempat wisata ini mempunyai beberapa arena bermain anak-anak dan remaja, tidak lupa pengunjung bisa menikmati makanan istimewa sesuai dengan nama tempatnya. Jarak dengan Floating market hanya 1 km saja.
  • De Ranch, wisata alam yang memiliki konsep wisata outbound, memiliki pemeliharaan kuda, peternakan sapi dimana bisa memerah susu sapi langsung. Jaraknya sekitar 1-2 km dari Floating Market

Demikian sekilas informasi Observatorium Bosscha Lembang. Semoga membantu teman-teman sekalian ketika mencari informasi tempat wisata di bandung. Untuk memudahkan teman-teman yang lain mendapatkan informasi tempat wisata di Lembang, anda bisa menyebarkan artikel ini melalu media sosial.

Recommended For You

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *