Sejarah Singkat Museum Bahari Dan Koleksinya

Kota Jakarta banyak menyimpan tempat yang menarik dan tempat wisata di jakarta sangat beragam. Untuk kali ini kami ketengahkan salah satu museum di Jakarta, sejarah singkat Museum Bahari. Nenek moyang bangsa Indonesia sudah dikenal di negara luar merupakan penguasa – penguasa lautan pada zaman dahulu.

sejarah singkat museum bahari
credit : museum-bahari.blogspot.com museum bahari kota tua jakarta

Museum Bahari ini dahulunya merupakan gudang rempah – rempah ketika pada masa penjajahan Belanda, kawasan ini dulu adalah sebuah pelabuhan Jayakarta atau dikenal Sunda Kelapa yang mempunyai aktifitas perdagangan yang ramai. Utamanya barang dagangan rempah – rempah, dimana di kala itu dikuasai oleh VOC Belanda.

Sejarah Singkat Museum Bahari Jakarta

Lokasi

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan Kota Jakarta Utara, kalau dari Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dan kompleks wisata Kota Tua Jakarta kira-kira berjarak sekitar 2 km berjalan ke arah utara menuju daerah Pluit.

Untuk mencapai lokasi museum di jakarta ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi, tetapi bisa juga menggunakan angkutan umum menggunakan kereta api listrik dan angkutan kota yang tersedia di jalan raya.

Berikut ini Peta Museum Bahari yang diambil dari google map.

Harga Tiket dan Waktu Masuk

Berikut ini informasi harga tiket masuk dan waktu berkunjung ke dalam Museum Bahari

Perorangan
Dewasa : Rp. 5.000,-
Mahasiswa : Rp. 3.000,-
Anak-anak : Rp. 2.000,-

Jam Buka
Selasa-Minggu : 09.00-16.00 WIB
Senin : Tutup

Punya Koleksi Apa Saja

Sebagaimana dengan namanya, museum di Jakarta ini mempunya banyak koleksi benda-benda yang bersejarah yang berhubungan dengan dunia kelautan, perkapalan dan perlayaran.

Legenda kapal dan perahu yang ditampilkan di museum ini antara lain : perahu tradisi asli Lancang Kuning dari provinsi Riau, Perahu Phinisi yang berasal dari Bugis Sulawesi Selatan, Perahu Jukung Karere berasal dari Papua. Di mana kapal ini memiliki panjang 11 meter. Serta beberapa miniatur kapal yang dimiliki VOC Belanda, miniatur kapal latih TNI Dewa Ruci, banyak hewan-hewan dan biota laut lainnya.

sejarah singkat museum bahari
museum di jakarta museum bahari kota tua jakarta

Menara Syahbandar

Tak jauh dari Musem Bahari, ada juga bangunan Menara Syahbandar yang dibangun perkiraan pada tahun 1839. Sejarah singkat museum bahari memiliki menara dibangun khusus untuk kebutuhan proses di pelabuhan pada waktu itu, tempat ini sebagai kantor administrasi bagi aktifitas keluar masuknya kapal dan pusat pengawasan daerah pelabuhan.

sejarah singkat museum bahari
museum di jakarta museum bahari kota tua jakarta

Galangan VOC

Di lingkungan museum dan pelabuhan Sunda kelapa, berdiri juga bangunan bekas gudang rempah-rempah pada zaman VOC Belanda. Lokasinya di pinggir sungai dimana dahulu bangunan itu menjadi pusat perdagangan. Menjadi pelabuhan hasil bumi umumnya rempah-rempah dan komoditas tropis lainnya.Galangan milik VOC ini kini menjadi gudang tua masih berdiri dan angker.

sejarah singkat museum bahari
museum di jakarta museum bahari kota tua Jakarta

Museum di Jakarta

Berikut ini daftar semua tempat wisata museum di Jakarta :

  1. Museum Wayang
  2. Monumen Nasional – Monas
  3. Museum Nasional
  4. Museum Bank Indonesia
  5. Seni dan Keramik
  6. Museum Fatahillah
  7. Gedung Arsip Nasional
  8. Museum Bank BNI
  9. Museum Tekstil

Wisata Jakarta Lainnya

Tempat wisata di Jakarta yang terdekat :

  1. Kawasan Kota Tua Jakarta.
  2. Pantai Ancol
  3. Masjid Luar Batang

Demikian informasi salah satu museum di Jakarta yang bernama Museum Bahari. Semoga informasi sejarah singkat museum bahari ini bermanfaat kepada para pengunjung dalam melakukan rencana liburan. Untuk mengenalkan wisata jakarta ini diharapkan menyebarkan informasi ini di media sosial .

Recommended For You

About the Author: admin

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *